Monday, October 13, 2008

Ilmu OM COSA

Pedoman 5W + 1H Untuk Blogging + AdSense


Blogging Images


Artikel berikut ini adalah tulisan lama saya yg dipublikasikan di forum AdSense-ID pada tanggal 12 Desember 2005 lalu. Lumayan lama juga yah? Sengaja saya republish di blog ini, selain sebagai backup arsip, juga karena isinya masih tetap relevan dengan kondisi bisnis internet saat ini, khususnya bagi yg menggunakan blog dan AdSense.


Nah, selamat membaca dan sekedar informasi, 95% bagian dari artikel tidak mengalami perubahan dari tulisan aslinya. Modifikasi yg dilakukan hanya terbatas pada permak tampilan dan pembenahan kalimat.



Pedoman ini hanya berlaku untuk blog2 non-otomatis / tidak menggunakan feed / tool, jadi ditulis oleh manusia secara sadar dan penuh tanggung jawab, hehehe. Tujuan yg diharapkan setelah membaca pedoman ini adalah adanya peningkatan pageviews, penambahan minat dan jumlah pengunjung, serta tentunya penghasilan.

Pedoman 5W + 1H



  1. WHAT

    Apa ==> topik / content utama dari blog yg dibuat dan tujuannya. Istilah kerennya, visi dan misi.



    Apakah wide topic ato narrow / niche-specific. Apakah sekedar untuk asik2 aja, memamerkan produk, memusuhi produk, dsb. Ini adalah langkah utama yg harus jelas krn akan berkaitan dng poin2 yg lain.


    Kebanyakan blogger membuat blog secara asal. Pokoknya tinggal cari topik (biasanya yg high-paying keyword) dan posting. Ini adalah kesalahan dasar yg sering dilakukan krn meskipun blog anda memiliki konten terfokus sekalipun, konsepnya tidak akan jelas.

  2. WHO

    Siapa ==> siapakah si blogger / penulis / pemilik blog. Bagaimana karakteristik, sifatnya, dll.



    Pada awalnya, blog disamakan dng diari. Dng membaca blog milik org lain, sedikit banyak kita tau karakteristik dari pemilik blog tsb. Hal ini pun sebenarnya HARUS diberlakukan pada blog2 yg AdSense-Oriented krn akan memberikan nyawa dan karakteristik sendiri terhadap blog tsb.


    Sebagai contoh, liat Engadget dan Boing-Boing. Mereka punya style yg unik dan berbeda. Dan yg paling penting, tidak datar alias mati.


    Bagaimana membentuk karakteristik ini harus ditilik dulu dari poin sebelumnya. Dari sana kita bisa perkirakan, kira2 karakteristik apa yg cocok. Tidak ada yg melarang Anda untuk TIDAK menjadi diri anda sendiri di blog, walopun tentu, disarankan untuk be yourself.


    Contoh karakteristik blogger: sinis, sok pintar, bego, romantis, dsb.


    Aku lupa, tapi aku pernah baca sebuah blog yg memiliki gaya penulisan yg bener2 unik, yaitu menggunakan kata ganti orang ketiga. Ini bisa dimasukkan ke dalam karakteristik di atas. Jadi tidak hanya sifat saja, tapi juga cara penulisan.


    Kenapa susah2 membentuk karakter?


    Karena ini akan membuat visitor anda merasa bahwa mereka berhadapan dng orang, bukan mesin yg sekedar melakukan CTRL+C CTRL+V. Ini membuat mereka merasa nyaman dan betah membaca tulisan anda (semoga :P)

  3. WHOM

    Untuk Siapa ==> target visitor anda



    Untuk menentukan poin 2, tentunya anda juga harus tau siapa target visitor anda dan bagaimana kira2 karakteristik mereka. Jangan menulis tentang musik klasik ttg dng karakter dan cara penulisan yg kasar dan menggebu2. Gak nyambung kan?

  4. HOW

    Bagaimana ==> bagaimana menulis posting / artikel / berita



    Poin 4 adalah implementasi dari ketiga poin di atas. Setelah kita mendapatkan karakter yg kita mau, terapkan dalam posting yg kita buat. If you play smart, make people think that you’re really smart. Vice versa. So on. Libatkan diri anda sebisa mungkin dlm tulisan yg dibuat, termasuk keluarga, teman, tetangga, musuh, artis, bahkan presiden sekalipun. Libatkan perasaan anda. Tunjukkan bahwa anda benar2 menulis apa yg anda rasakan, bukan sekedar yg anda tau.


    Jangan lupa, Anda TIDAK HARUS mencintai topik yg anda tulis. Anda bisa saja menulis krn MEMBENCINYA. Dan krn anda membencinya, tunjukkan bahwa anda benci. Maki2 kalo perlu.


    Yg diatas sekedar contoh aja :) Intinya adalah libatkan diri dan perasaan anda sesuai dng poin 1 dan 2. Beri nyawa pada tulisan anda.

  5. WHEN

    Kapan ==> cari waktu yg tepat untuk mempublish artikel anda



    Ini sebenarnya adalah tehnik advance. Setiap topik memiliki waktu publikasi efektif yg berbeda2, tergantung dari poin 3 di atas, yaitu visitor. Cara paling gampang untuk mempelajari ini adalah melalui statistik situs (Site Meter, Extreme Tracking, Google Analytic, dll).


    Contoh: situs tentang teknologi/gadget akan mengalami penurunan visitor di akhir minggu, sebaliknya situs ttg entertainment akan mengalami peningkatan di waktu yg sama (berdasar pengamatan pribadi)


    Tentunya anda baru bisa mengimplementasikan poin terakhir ini jika visitors sudah cukup banyak :) Jadi jgn pikirkan dulu ttg ini sampai blog anda mapan :)

  6. WHERE

    Gak ada. Emang mestinya 4W + 1H kok, hehehe.


PS:

(1) Gambar diambil dari: http://www.smart-writers.com/images/blogging.jpg



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 2 May 2007. Artikel ini disponsori oleh Resensiku.com, blog yang berisi resensi buku dan film terbaru. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi.

No comments: